Oleh H.Saiful
Islam,Lc.,M.Hum.
Reframing Perilaku Menuju Wujud Cita - cita Transendental Masyarakat Teknologi
Muslim Kotemporer mutlak memerlukan kaedah kaedah kebenaran metode Ilmu
Pengetahuan suprem di atas segala kaedah kebenaran supremasi nalar.
Dalam perjalanan sejarah,
kebenaran suprem mutlak hanya dapat dicapai dari sumber utama Al Qur'an dan
Sunnah Rasul saw. .
Di
atas pijakan kaedah metodologis dan sistemik, pembaca dapat memotret fenomena
fenomena Teknologi Moderen yang saat ini
banyak diminati bahkan dinikmati anak anak Masyarakat Teknologi Muslim
Kontemporer. Teknologi berproses menebar Reframing
impact
secara simbio-mutualistik, menyentuh
sistem nilai perilaku melekat menjadi karakter estetik setiap individu,
komunitas keluarga dan kelompok kelompok sosial.
Dalam potret nampak ada masalah pada Teknologi Moderen saat bergerak
berproses menyentuh sistem nilai sebagai
pijakan dasar dan kaedah kebenaran hukum, menuntut adanya reposisi kembali Hukum
Islam di lingkungan kehidupan anak anak Masyarakat Muslim Nasional dan
Internasional, agar dapat berekologi
lebih leluasa di tengah tengah mereka. Sesuai kemampuan, mereka dapat melakukan aksepsi
simbio-mutualistik terhadap segala tawaran Reframing
teknologi berdasarkan kaedah kebenaran murni dari Allah dan
Rasulullah saw tanpa ada determinansi hukum lain.
Di
dalam Tertib Aturan Masyarakat Muslim,
individu memiliki nilai basic, berfungsi sebagai batu bata pertama dalam
konfigurasi bangunan komunitas. Di hati seorang individu tumbuh benih pertama
sebuah akidah yang kemudian menjelma dalam perilaku nyata, bahkan individu itu
sendiri akhirnya menjadi personifikasi dari akidah tersebut.
Islam, seperti dikatakan Sayyid Quthub; menanamkan benih nilai kedamaian
(assalam) di dalam dlamir seorang individu, kedamaian positif yang mampu
mengangkat harkat kehidupan individu, tidak
rela dan pantang membiarkan prinsip prinsip mulia terinjak injak karena ingin mencapai kedamaian negatif. ..
Adalah
satu kedamaian yang mengakui wujud individu dengan segala keinginan dan
kecenderungannya, mengakui kebaikan komunitas dan tujuan tujuannya, mengakui
kebutuhan manusia dan keinginannya, mengakui keberadaan agama, makhluk dan
tampilannya dalam satu kesetaraan dan keterpaduan.
Dalam
kilas potret fenomena Teknologi Moderen, minimal tujuh Teknologi Industri Kunci
yang terus berkembang melaju pesat, yakni: elektronika mikro, bio teknologi,
industri material baru, pesawat terbang sipil, telekomunikasi, robot plus
peralatan mesin, dan teknologi komputer plus perangkat lunaknya, tampak memiliki impact dahsyat bergerak
berekologi secara positif pada satu sisi dan negatif pada sisi lain dengan nilai kedamaian, mempengaruhi
individu, komunitas keluarga atau kelompok sosial.
Impact
ekologi elektronika mikro menampakkan potret perubahan dahsyat nilai dan gaya
hidup individu, komunitas keluarga dan kelompok sosial anak anak bangsa menjadi
semakin terbuka. Bio teknologi menawarkan berbagai macam kemudahan transportasi
dan aneka menu kuliner dapur keluarga. Industri material baru menyediakan
berbagai macam kesenangan hunian asri dan mencakar kolom ruang angkasa, pesawat
terbang sipil berlomba menawarkan jasa paling istimewa untuk menjadi jembatan
jalur tol ruang angkasa, pada hal akhir akhir ini banyak pesawat terbang jatuh karena kesalahan pada aspek manusianya
yang gagal mengejar dan mewujudkan nilai kedamaian. Rupanya pilot dan awak
pesawatnya adalah bagian instrumen penting narkoba dan perangkat perangkat
komponennya.
Sementara
teknologi telekomunikasi telah memudahkan para petani di ladang ladang dan
sawah bermain colek atau chatingan dengan para penghuni condominium bertingkat
dan rumah rumah besar berwarna putih atau berlapis kaca. Robot plus peralatan
mesin siap mengabdi, menantang para
kontraktor dan para pelaku pekerjaan berat untuk terus berkarya mewujudkan
impiannya.
Teknologi komputer plus perangkat lunaknya, berhasil menggenggam detail
data data kehidupan ummat manusia di ruang alam semesta, bahkan mengunduh dan
menayangkan secara detail daftar harta kekayaan hasil korupsi para koruptor
beberapa anggota Dewan Perwakilan Rakyat dan lembaga lembaga negara lainnya
Itulah
kilas gambaran ekologi teknologi moderen dengan sistem nilai tertib aturan individu, komunitas keluarga
dan kelompok sosial Dan pengaruhnya dapat dilihat pada berbagai indikator
perubahan perilaku, mulai dari perilaku hukum, politik, ekonomi, kultur budaya,
estetika dan etika.
Pengaruh
positif dalam bidang hukum dapat dilihat pada perilaku penegak hukum yang mampu
melahirkan temuan temuan baru, seperti : lahirnya Komisi Pemberantasan Korupsi,
lahirnya Komisi Yudisial Review. Dalam bidang ekonomi merebak tumbuhnya lembaga
lembaga Keuangan Syariah, di bidang kultur budaya banyak merebak lembaga lembaga pendidikan moderen,
majlis majlis taklim dan menyebar secara online
di berbagai layar kaca.
Untuk
kelangsungan hidup komunitas Rumah Tangga Muslim, proses ekologi individu
langsung menyentuh garis garis norma prima; nilai takaamul (saling melengkapi),
nilai ta`awun (saling membantu), nilai ta`athuf (saling cinta dalam
kelembutan), nilai targhieb fil ihtimal (saling mengajak pada ketahanan
menghadapi tantangan). Dengan pijakan
nilai nilai norma prima ini
diharapan langkah proses ekologi Rumah Tangga Islam Moderen mampu mengendalikan kebinalan arus
sekularisme industri teknologi.dan tidak jauh dari tuntutan asli fitrah.
Adalah
tugas anak anak bangsa mengembangkan pola berekologinya dengan industri
teknologi sesuai metode kebenaran ilmu, menyikapi teknologi tidak hanya sebagai
materi dan kuwalitas, karena ada muatan makna atau nilai yang merupakan bagian
tak terpisahkan dari teknologi. .
.
Yogyakarta, 14 Januari 2015.
Referensi:
Dr. Shubhi Shalih, Maalim As Syariah Al Islamiyah, Daarul
ilm, Beirut 1982M
Moh.Jumhana, Hukum Dalam Perkembangan Teknologi, Citra
Aditya, Bandung 1995
Sayyid Quthub, As Salam al Alami Wa Al Islam, Daarus Syuruq,
Beirut 1983M.
Otto Sumarwoto, Ekologi, Lingkungan Hidup dan Pembangunan,
Djambatan, Jakarta 1997M.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar